Saturday, May 19, 2012

TS’AI LUN - PENEMU KERTAS


TS’AI LUN MEMBUAT KERTAS
Kertas, kompas, teknik mencetak, serta mesiu adalah empat penemuan terbesar orang China. Berbagai penemuan ini, terutama penemuan kertas, merupakan sumbangan yang besar bagi perkembangan kebudayaan manusia. Dulu ketika kertas belum ada, orang menulis dengan cara mengukir tulisan di tempurung kura-kura, perunggu, atau potongan bambu.
Namun semua peralatan ini berat dan tidak praktis, sedangkan untuk menggunakan kain sangat mahal, sehingga kemudian orang tidak menggunakannya untuk menulis. Selanjutnya, Ts’ai Lun yang hidup pada masa Dinasti Han Timur memasukkan kain perca, kulit pohon, jaring ikan, dan bahan-bahan lain ke dalam air, lalu merebusnya hingga lunak. Dia kemudian meratakan bubur berserat ini dan dihamparkan di atas tirai bambu, lalu dijemur sampai kering. Maka jadilah kertas yang bisa digunakan untuk menulis. Ini merupakan cara paling tua untuk membuat kertas.

Cara membuat kertas zaman dahulu


Cara membuat kertas zaman sekarang

1 comment:

  1. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete